Jumat, 22 Februari 2013

Gejala Yang Muncul Saat Terkena Penyakit Ginjal


Gagal Ginjal
Gagal Ginjal


Banyak sekali orang yang tak menyadari dirinya tak terkena penyakit ginjal, karena gejala penyakit ginjal ini sangat halus. Penyakit ini bisa sampai gagal ginjal, atau bisa berlangsung bertahun – tahun bila ginjal kronis. Sebagian orang justru terkena ginjal kronis selama bertahun – tahun tetapi tidak pernah terkena gagal ginjal.
Dan untuk sebagian orang yang terkena penyakit ginjal, pengetahuan tentang penyakit ginjal adalah kekuatan. Perawatan dapat berjalan dengan baik apabila kita mengetahui gejala – gejala dari penyakit ginjal tersebut. Konsultasi lah dengan dokter untuk tes urin atau tes darah bila anda menemukan teman, kerabat, saudara yang memiliki gejala – gejala berikut karena ada kemungkinan terkena penyakit ginjal. Tetapi tetap perlu diingat, gejala yang banyak juga bisa disebabkan oleh alasan lain selain penyakit ginjal. Oleh sebab itu, bertanya kepada dokter adalah salah satu cara yang paling tepat untuk memastikan apakah terkena penyakit ginjal atau tidak.
Gejala yang timbul saat terkena penyakit ginjal secara umum.
Berikut ini adalah gejala – gejala saat terkena penyakit ginjal, tetapi ingat gejala2 disini bisa berasal dari penyakit lain :


Gejala 1 : Perubahan pada air seni.
Pada saat terkena penyakit ginjal, maka urin bisa berubah karena ginjal merupakan organ eskresi urin. Orang yang terkena penyakit ginjal juga akan sering buang air kecil tengah malam. Urin akan berubah bentuk menjadi berbusa atau bergelembung, lalu urin akan menjadi pucat bahkan mengandung darah (hermaturi). Bila terkena penyakit batu ginjal, maka akan kesulitan untuk buang air kecil.
Gejala 2 : Membengkak.
Pada saat gagal ginjal, maka akan terjadi pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, wajah, dan tangan karena ada cairan yang menumpuk dalam tubuh.
Gejala 3 : Mudah lelah.
Hormon erythropoietin akan dihasilkan pada ginjal yang sehat yang berfungsi memberi tahu tubuh untuk membuat pembawa oksigen. Bila terkena gagal ginjal, maka hormon ini akan sedikit. Hal itu bisa menyebabkan pembawa oksigen dari sel darah merah ke otak dan otot menjadi semakin sedikit sehingga membuat tubuh cepat lelah. Kondisi ini sering dinamakan anemia,
Gejala 4 : Ingin Muntah atau Mual.
Mual dan muntah dapat terjadi karena adanya penumpukan limbah pada darah (uremia). Lalu nafsu makan akan berkurang dan membuat berat badan menjadi turun.
Gejala 5 : Sakit pada punggung.
Untuk sebagian orang yang terkena penyakit ginjal mungkin akan merasakan sakit pada punggung bagian belakang.
Ada gejala – gejala lain yang bisa muncul yaitu sebagai berikut : merasa dingin, sesak napas, ruam kulit/gatal, rasa metalik mulut/napas amonia, dan pusing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar